Simple Tapi Keren, Trik Ampuh Hasilkan Foto Keren Dengan Smartphone

Sekarang hampir semua orang memiliki hape. Memiliki hape saat ini bukanlah barang mewah lagi. Apalagi kini di era yang serba digital, dengan kecanggihan teknologi hape hadir dengan fitur, kemampuan dan spesifikasi yang semakin canggih, keren dan mumpuni.

Tak terkecuali untuk urusan foto dan swa foto alias selfie. Saat ini sudah sangat umum kita lihat dimana-mana orang senang mengabadikan momen indah dalam hidup mereka melalui foto selfie dari kamera hape mereka. Bahkan swafoto alias selfie sudah menjadi trend dan gaya hidup masa kini.

Life style jaman now 🙂

Bahkan sekarang, kecenderungan dan kebiasaan orang semakin bergeser kearah yang lebih simpel dan mobile. Dulu, kalo ingin mengabadikan momen dengan kualias foto yang lebih bagus, DSLR atau kamera digital adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Kini, karena sifatnya yang lebih praktis, simpel, ringan dan mudah dibawa kemana-mana, orang lebih senang mengabadikan momen-momen indah dalam hidupnya lewat kamera hape mereka.

Apalagi fitur-fitur dan spesifikasi hape dan smartphone yang ada saat ini semakin hari semakin canggih dan beberapa ada yang memiliki resolusi setara atau bahkan lebih dari kamera DSLR atau mirrorless.

Contohnya, Huawei P20 Pro. Smartphone dengan triple rear camera (3 kamera utama) ini sanggup menghasilkan resolusi hingga 68 MP! Sebuah terobosan yang sangat dahsyat untuk kamera smartphone.

Nah, dengan kemampuan dan spesifikasi hape semacam itu, menghasilkan foto keren kualitas tinggi lewat hape atau smartphone bisa anda hasilkan.

Bisa menghasilkan foto keren berkualitas tinggi lewat hape layaknya kamera DSLR atau mirrorless merupakan impian banyak orang. Yah siapa sih yang tidak ingin menghasilkan foto-foto keren bak kamera canggih meski lewat hape doang?

Serius. Anda tidak harus membeli dan memiliki kamera DSLR atau mirrorless untuk bisa menghasilkan foto keren berkualitas tinggi.

Kini dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang, apalagi dengan semakin canggihnya kamera yang ada di hape dengan resolusi yang semakin tinggi dan baik. Menghasilkan foto keren lewat hape bukanlah sekedar impian lagi.

Anda yang belum mampu membeli kamera DSLR dan kamera mirrorless yang canggih karena keterbatasan dana, tetapi ingin belajar fotografi dan menghasilkan foto keren, tetap bisa melakukannya dengan kamera hp atau smartphone anda.

Yah, ini beneran kok. Gak pake boong hehehe 🙂

Anda mungkin bertanya, bagaimana sih trik dan caranya agar memotret dengan kamera hape atau smartphone tetapi tetap bisa menghasilkan foto yang jernih, keren, fokus, menarik dan tidak kalah dengan hasil kamera professional seperti DSLR atau pun mirrorless?

Mau tau caranya? Penasaran? 🙂

Tenang… dalam artikel ini kami (foto.co.id) akan berbagi 21 trik ampuh hasilkan foto keren dengan kamera hape atau smartphone anda. 🙂

Ok, anda siap? Mari kita lanjutkan.

1.Kenali kemampuan – plus minus kamera hp anda

Segala sesuatu di dunia ini memiliki dua sisi, kekuatan dan kelemahan, kelebihan dan kekurangan, plus dan minus. Tak terkecuali dengan hp atau smartphone anda. Nah, sekarang coba perhatikan hp atau smartphone anda.

Apa brand dan platform hp anda, iPhone, Android, Windows Phone? Bagaimana spek kameranya? Berapa resolusinya? Apa jenis lensa yang digunakan? Berapa aperture atau bukaannya? ISO-nya bagaimana? Apakah hp anda lebih bagus untuk memotret di siang hari ketimbang pada malam hari?

Semua itu harus anda perhatikan dan anda pahami agar nantinya anda mampu menghasilkan kualitas foto yang keren lewat hp atau smartphone anda. Coba deh lihat dan cek fitur, kemampuan dan spesifikasi hp anda.

Jangan lupa untuk mengatur besaran megapixel-nya ke resolusi yang paling tinggi. Resolusi kamera merupakan salah satu faktor utama menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

Tapi ingat, resolusi besar yang ada pada ponsel atau hp tidak menjamin untuk selalu bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Bisa saja ponsel yang memiliki resolusi 16 MP bisa kalah dari ponsel yang hanya memiliki 12 MP resolusi kameranya.

Tidak percaya? Coba lihat hp Samsung Galaxy S7 yang hanya memiliki resolusi 12 MP tapi bisa menghasilkan foto yang lebih bagus ketimbang Samsung Galaxy S6 padahal resolusi Samsung Galaxy S6 lebih tinggi yaitu 16 MP.

Apa rahasianya? Ternyata rahasianya terletak pada jenis lensa yang digunakan! Fitur canggih yang dibawa pada suatu lensa kamera hp ternyata sangat mempengaruhi kualitas foto yang dihasilkan.

2.Jaga kebersihan lensa hp anda

Rata-rata setiap orang senantiasa menggenggam hp atau smartphone saat bepergian kemana saja. Hal ini membuat hp atau smartphone menjadi benda yang paling rentan terkena debu, minyak, keringat dan kotoran yang ada di sekeliling anda.

Tidak seperti lensa kamera digital yang dibekali lens cap atau penutup lensa, lensa yang ada di hp atau smartphone anda tentu tidak dibekali hal semacam itu. Bahkan sekalipun menggunakan case pelindung, bagian kaca lensa tentu dibiarkan terbuka. Karena itu, jaga lensa kamera hp anda agar tetap bersih. Biasakan untuk membersihkan lensa kamera sebelum memotret.

Ingat, sebaik apapun kita memotret dan sebagus apapun objek yang difoto kalo lensa kita kotor maka hasilnya pastilah buruk dan tidak baik.

Karena itu, selalu bersihkan lensa hape anda dari minyak, kotoran, debu, keringat dan bekas sidik jari. Ingat untuk membersihkannya dengan menggunakan tissue atau kain bersih yang halus. Tak perlu cairan apapun.

Usap secara perlahan, jangan sampai kaca lensanya tergores. Pastikan juga agar lensa tetap dalam keadaan kering dan bersih. Agar tidak menjadi lahan tumbuhnya jamur lensa.

Membeli paket pembersih yang banyak dijual di toko aksesoris kamera adalah pilihan yang tepat. Jika terkena minyak atau kotoran, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata.

Hindari mengelap lensa dengan kain bertekstur kasar, hal ini agar lensa kamera hp anda tidak lecet. 🙂


3.Perhatikan pencahayaan

Istilah lain dari fotografi adalah melukis dengan cahaya. Gunakan pencahayaan alami, pastikan pencahayaan yang ada cukup. Jangan berlebihan apalagi kurang. Hal ini sangat penting.

Mengingat keterbatasan sensor lensa kamera pada hp anda yang ukurannya tentu lebih kecil dari kamera DSLR ataupun mirrorless. Karena ukurannya yang kecil otomatis kemampuan menangkap cahaya juga lebih sedikit.

Karena itu, anda harus mengakalinya dengan memotret dalam lingkungan yang cukup terang. Ingat, kamera hp atau smartphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat dalam keremangan.

Karenanya, usahakan agar cahaya yang menerangi objek foto mencukupi. Makanya, tidak heran jika hasil foto outdoor cenderung lebih bagus daripada hasil foto indoor.

4.Fokus pada satu objek – pilih objek yang menarik

Sekalipun anda sudah jago banget memotret, menguasai beragam teknik fotografi yang ribet bin njlimet dan tinggi-tinggi bahasanya, tapi kalo objek yang dipotret kurang menarik yah sama saja. Pasti hasil foto yang ada kurang menarik nantinya.

Salah satu cara agar foto tampak lebih menarik adalah dengan fokus pada satu objek yang terlihat menarik. Bagaimana cara menentukannya? Perbanyak melihat dan membandingkan hasil foto dari fotografer lain.

Sering-seringlah stalk timeline IG mereka J lalu pelajari objek yang biasa mereka potret. Setelah itu temukan passion anda dimana. Jika tertarik memotret sunset atau sunrise. Jadikan itu objek utama anda. Tertarik memotret bunga? Silahkan temukan bunga yang paling indah dan menarik yang bisa anda potret.

Untuk membuat objek yang dihasilkan jadi lebih menarik anda bisa menggunakan settingan mode macro pada hp anda plus efek bokeh (background blur) sehingga objek yang dibidik bisa lebih detail, fokus dan menarik.

5.Coba perspektif yang berbeda

Cobalah memotret dari tempat yang tidak biasa. Coba perspektif yang berbeda. Foto dari sudut pandang dan perspektif yang biasa-biasa saja maka hasilnya pun akan biasa-biasa saja. Karena itu, cobalah memotret dari sudut atau perspektif yang berbeda. Misalnya, jongkok dan potretlah dari sudut dan perspektif yang lebih rendah dari objek fotonya. Dengan begitu foto kita akan memberi kesan khusus yang tidak biasa dilihat mata manusia normal.

Atau sesekali cobalah memotret pesawat yang terbang dari tempat yang paling rendah dan horizontal. Sehingga memberi efek lain pada mata dan foto anda.

Mengambil foto dengan perspektif yang unik, berbeda dan tidak biasa dapat menciptakan kesan yang mendalam pada foto anda. Hal ini juga akan membuat foto tersebut lebih memorable (selalu dikenang). Dengan perspektif yang berbeda, akan menciptakan ilusi optik atau efek optikal pada mata sehingga objek foto yang dihasilkan terlihat unik, tidak biasa dan berbeda.
Beri efek filter yang pas, jangan berlebihan
Pemberian efek filter seperti hitam putih, sepia, efek negatif foto, dsb boleh jadi bagus, boleh jadi kurang bagus. Hal ini sifatnya relatif dan subjektif. Tapi, menurut kebanyakan orang kalau foto sudah terlalu banyak diberi filter, hasilnya malah jadi kurang bagus.

Editlah dengan tujuan utama untuk memperkuat kesan foto, bukan untuk menghiasnya. Karena jika berlebihan, kesan yang ingin ditonjolkan dari sebuah foto akan berkurang.

Pesan yang ingin disampaikan juga akan bias. Justru, foto yang dibiarkan sederhana dan tidak terlalu banyak polesan atau filter bisa menjadi lebih bagus. Karena itu, sebisa mungkin meminimalisir pemberian efek filter yang berlebihan alias lebay bin jablay bin kamsuupay hahaha 🙂

Perhatikan settingan “white balance” – jika hp anda mendukung fitur tersebut
Mata manusia biasanya akan menyesuaikan kondisinya dengan cahaya dan pencahayaan. Demikian pula dengan kamera pada hp anda namun dengan kemampuan yang berbeda tentunya.

Kamera pada hp biasanya akan melihat warna objek yang ada dengan akurasi yang tidak terlalu tepat. Misalnya warna pada objek merah terlihat lebih gelap atau lebih terang pada kamera hp anda.

Hal ini bahkan berlaku untuk hape yang memiliki spesifikasi tinggi sekalipun. Meski ini sifatnya relatif dan subjektif. Karena itu, jika hp anda mendukung fitur dan pengaturan white balance. Gunakan fitur tersebut. Jika tidak, bereksperimenlah dengan settingan – settingan yang lain.

Nah, setiap orang yang nanti melihat hasil foto anda itu bisa paham dan mengerti arti dan makna dibalik pembuatan foto tersebut.

Agar lebih mudah dipahami oleh orang yang melihatnya, sediakan 2 atau 3 foto yang saling terkait satu sama lain. Foto-foto tersebut nantinya dapat bercerita tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi saat itu.

Trik ini patut anda coba dan sangat menarik khususnya ketika anda sedang melakukan perjalanan seperti traveling, touring atau hiking. Gak percaya? Silahkan coba sendiri dan perhatikan apa yang terjadi hehehe 🙂

Demikian trik ampuh hasilkan foto keren dengan kamera hp anda. Anda yang ingin belajar fotografi melalui kamera hp dapat mencoba trik-trik ampuh diatas. Oke? Selamat mencoba! 🙂

Belum ada Komentar untuk "Simple Tapi Keren, Trik Ampuh Hasilkan Foto Keren Dengan Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel